21-Maret_2-2-1200x675.jpg
Di Tinjau Oleh :

16 Mei 2024 | Dr. Linda Afiaty

MEMAHAMI TENTANG REVISI RHINOPLASTY

Revisi Rhinoplasty atau Operasi hidung revisi dapat memperbaiki masalah pernapasan, asimetri, bengkok, ukuran atau bentuk yang salah, atau penyok yang tidak diatasi pada prosedur rhinoplasty sebelumnya. Revisi rhinoplasty juga dapat memperbaiki kerusakan akibat trauma atau cedera. Meskipun revisi rhinoplasty merupakan hal yang biasa (umum), tindakan ini dianggap sebagai prosedur yang lebih rumit dibandingkan rhinoplasty. Inilah sebabnya pasien harus memilih dokter bedah plastik yang memiliki pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang anatomi hidung.

REVISI RHINOPLASTY

Revisi rhinoplasty digunakan untuk memperbaiki penampilan hidung setelah prosedur utama (rhinoplasty sebelumnya). Ada banyak alasan orang memilih revisi rhinoplasty. Beberapa karena tidak puas dengan penampilan mereka, sementara yang lain mengalami komplikasi dari rhinoplasty sebelumnya.

Revisi rhinoplasty adalah operasi yang sangat umum dilakukan. Inilah alasannya:

• Harapan yang tinggi: Banyak pasien memiliki harapan yang tidak realistis mengenai hasil kosmetik mereka. Penting untuk diingat bahwa rhinoplasty bukanlah operasi yang “sempurna”, dan mungkin ada beberapa ketidaksempurnaan kecil yang tidak dapat dikendalikan oleh dokter atau pasien.
  • Komplikasi: Meskipun jarang, komplikasi dapat terjadi setelah operasi apa pun. Beberapa di antaranya adalah infeksi, pendarahan, dan masalah penyembuhan. Pasien harus mengikuti semua instruksi pasca operasi untuk meminimalkan risiko (komplikasi).
  • Trauma: Cedera pada hidung, baik akibat kecelakaan atau pertandingan olahraga, dapat merusak struktur hidung di bawahnya. Pasien sangat rentan terhadap kerusakan pada beberapa bulan pertama setelah operasi.

Hasil

Pasien kami banyak yang merasa lega dan gembira karena akhirnya mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan setelah operasi revisi. Selain itu revisi rhinoplasty di klinik bedah plastik kami juga dapat meningkatkan pernapasan, memperbaiki asimetri, dan memberikan hidung yang lebih lurus dan estetis. Namun sama seperti rhinoplasty sebelumnya, hasil revisi rhinoplasty tidak akan langsung terlihat. Diperlukan waktu satu tahun agar semua pembengkakan dan peradangan mereda dan hidung baru dapat kembali normal.

Apakah Hasilnya Permanen ?

Hasil revisi rhinoplasty akan bertahan seumur hidup. Namun perlu diingat bahwa hidung terus tumbuh dan berubah seiring bertambahnya usia. Perubahan kecil dapat terjadi dan tidak akan mempengaruhi  penampilan hidung secara keseluruhan.

Pemulihan

Setelah operasi, pasien terbangun dengan plester di hidungnya. Pasien juga mendapat beberapa jahitan di pangkal hidung dan akan ada memar. Memar akan bertambah parah selama tiga atau empat hari, dan seringkali pasien mengalami bengkak di sekitar mata. Di klinik bedah plastik kami akan memasang plester selama sekitar 5 hari dan jahitannya selama sekitar 7 hingga 10 hari. Pasien akan kembali ke klinik untuk melepas plester dan jahitan sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Saat plester dilepas, hidungnya tidak akan terlihat seperti itu dalam jangka panjang. Diperlukan waktu beberapa minggu hingga pembengkakan awal mereda, namun menurut pengalaman kami dalam satu minggu, pasien dapat kembali bekerja tanpa pembengkakan yang terlihat. Tentu saja, sebagian besar memar akan hilang pada tahap tersebut, namun ada situasi di mana memar dapat bertahan lebih lama.

Sebagian besar pasien kami mulai merasa nyaman dengan bentuk hidung sekitar enam hingga delapan minggu ketika sebagian besar pembengkakan telah mereda. Diperlukan waktu hingga satu tahun agar pembengkakan, jaringan parut, dan sensasi di dalam hidung kembali normal. Setelah revisi rhinoplasty, sebenarnya pemulihan akan memerlukan waktu lebih lama lagi. Ini adalah proses yang kompleks dan nyata yang harus dilalui pasien karena hasil akhirnya memang membutuhkan waktu untuk mencapainya.

Setelah Revisi Rhinoplasty

Umumnya penatalaksanaan pasca rhinoplasty ataupun revisi rhinoplasty hampir sama. Pada minggu pertama pemasangan gips dan jahitan, pasien sebaiknya menghindari olahraga berat karena risiko perdarahan lebih besar pada tahap tersebut. Setelah gips dilepas dan jahitan dilepas, kami menyarankan agar jenis olahraga kardiovaskular normal dapat dilanjutkan sekitar dua minggu.

Pilates, yoga, dan berenang sebaiknya ditunda selama empat hingga enam minggu setelah operasi karena cenderung menyebabkan pembengkakan lebih parah. Semakin aktif pasien selama rentang waktu ini, hidung akan semakin bengkak. Olahraga kontak seperti tenis, rugby juga harus ditunda selama enam hingga delapan minggu. Kami juga menyadari bahwa hidung secara umum lebih bervariasi selama beberapa bulan pertama. Saat bangun di pagi hari, masih akan terasa lebih bengkak dan respon tersebut memerlukan waktu dua atau tiga bulan untuk menenangkan diri. Kadang-kadang diperlukan revisi, bukan karena kesalahan dokter bedah atau karena komplikasi, namun karena emosi pasien sendiri.

Beberapa orang mengharapkan perubahan total pada penampilan mereka setelah prosedur kosmetik. Ketika perubahan yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga pasien merasa tidak puas. Inilah sebabnya mengapa implan dagu atau pembesaran pipi  direkomendasikan bagi pasien yang ingin mendapatkan proporsi wajah yang lebih baik. Menggabungkan prosedur kosmetik telah terbukti meningkatkan kepuasan pasien. Pasien lain merasa kecewa hanya karena mereka tidak terbiasa dengan penampilan asing yang mereka lihat saat bercermin. Perlu waktu untuk membiasakan diri, jadi pasien operasi hidung sebaiknya tidak langsung melakukan revisi.

Revisi rhinoplasty sangat umum dilakukan karena rhinoplasty adalah salah satu operasi kosmetik yang paling rumit. Dokter bedah yang kurang memiliki pengalaman dan pelatihan yang memadai untuk melakukan prosedur ini dengan benar akan berisiko melakukan operasi di bawah standar dengan hasil yang tidak menguntungkan.

Faktor lain yang berkontribusi terhadap peningkatan angka revisi rhinoplasty meliputi:

• Teknik atau peralatan yang ketinggalan jaman
  • Kurangnya komunikasi antara dokter dan pasien
  • Komplikasi yang mempengaruhi proses dan hasil penyembuhan

Beberapa faktor mengindikasikan seseorang adalah kandidat untuk revisi rhinoplasty seperti:

1. Hasil yang asimetris

Kadang pasien yang menjalani rhinoplasty akan kecewa dengan hasilnya, karena terkadang hidung tampak tidak rata dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kecerobohan saat menjalani rhinoplasty dapat menyebabkan hidung menjadi tidak rata, tidak proporsional, atau miring. Revisi rhinoplasty dapat membantu mendapatkan tampilan yang lebih alami dan seimbang yang melengkapi fitur wajah seseorang secara keseluruhan. Jika setelah masa pemulihan rhinoplasty selesai, dan pasien merasa tidak puas dengan penampilan hidung  yang rata, revisi rhinoplasty bisa menjadi solusi.

2. Hasil yang tidak terlihat alami

Jika jumlah jaringan yang diambil tidak tepat pada rhinoplasty pertama, hal ini dapat menyebabkan tampilan hidung yang tidak memuaskan dan tidak alami. Selain itu,rhinoplasty sebelumnya dapat menyebabkan terbentuknya jaringan parut yang memerlukan operasi pengangkatan. Revisi rhinoplasty dapat membantu memperbaiki hidung yang tampak tidak alami.

3. Kecewa dengan hasilnya

Jika komunikasi antara dokter dan pasien kurang, atau jika prosedur tidak berjalan sesuai harapan, banyak pasien kecewa dengan hasilnya. Keahlian dan pengalaman seorang dokter bedah bukanlah hal yang sama. Meskipun para dokter memiliki pengetahuan dalam operasi pembentukan dan pengubahan ukuran hidung tertentu, beberapa dokter bedah tidak berpengalaman dalam menangani berbagai macam permintaan atau teknik. Hidung yang menarik secara estetis harus seimbang dengan fitur wajah lainnya, artinya operasi hidung bersifat sangat pribadi dan memerlukan pendekatan yang disesuaikan.

4. Masalah fungsi hidung

Rhinoplasty yang sukses tidak hanya menghasilkan hidung yang estetis, tetapi juga memastikan fungsi hidung yang baik. Penyembuhan yang tidak memadai atau masalah fungsional yang tidak terselesaikan dapat menyebabkan fungsi hidung tidak berfungsi setelah operasi. Struktur hidung penting karena mempengaruhi kesehatan pernafasan dan sinus.

5. Cedera setelah prosedur pertama

Rhinoplasty adalah pilihan yang efektif untuk membentuk kembali dan mengubah ukuran hidung, namun hal ini tidak membuat hidung kebal terhadap cedera dan trauma, terutama dalam satu atau dua tahun pertama setelah operasi. Restrukturisasi tulang rawan dan jaringan selama prosedur dapat membuat hidung menjadi lebih halus. Jika terjadi cedera atau trauma pada the hidung, revisi rhinoplasty dapat memperbaikinya.

Pasien yang mungkin menghindari revisi rhinoplasty adalah mereka yang mengerjakan pekerjaan rumah dan memilih dokter bedah plastik berkualifikasi baik dan bersertifikat ganda yang mengevaluasi hidung mereka secara menyeluruh selama konsultasi. Sangat penting untuk mengungkapkan seluruh riwayat kesehatan dan masalah terkait hidung yang  timbul selama bertahun-tahun. Mengikuti instruksi pasca revisi rhinoplasty juga akan membantu menghilangkan kebutuhan akan revisi.

Operasi Plastik, Inov Glow Plastic Surgery Jakarta

Inov Glow Plastic Surgery  terdepan sebagai pelopor dan terkenal sebagai spesialis dalam Operasi Plastik di Jakarta. Inov Glow Plastic Surgery  berkomitmen untuk memahami kebutuhan individu yang mungkin merasa perlu memperbaiki dan menyempurnakannya.

Seiring dengan komitmen tersebut, Inov Glow Plastic Surgery  diperkuat oleh tim dokter bedah plastik yang tidak hanya berpengalaman puluhan tahun tetapi juga dedikatif. Dalam setiap langkah, mulai dari konsultasi awal hingga prosedur sebenarnya, pasien mendapatkan panduan lengkap. Mereka diberikan wawasan tentang prosedur, potensi hasil, hingga proses pemulihan. Dengan pendekatan pribadi yang mendalam, Inov Glow Plastic Surgery berupaya keras untuk memastikan bahwa setiap pasien mendapatkan solusi yang paling sesuai dengan keinginan dan ekspektasi mereka.

Selain itu, keunggulan signifikan lain dari  Inov Glow Plastic Surgery  adalah semua peralatan yang dimiliki merupakan teknologi canggih dan terkini. Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi, pasien memiliki kesempatan untuk melihat simulasi hasil yang diharapkan. Tentunya hal ini sangat membantu dalam memberikan gambaran yang pasti serta membantu pasien dalam menentukan keputusan.

Jadi, bila Anda berada di titik di mana Anda sedang mempertimbangkan operasi plastik, konsensus bahwa Inov Glow Plastic Surgery adalah pilihan terbaik dan berkualitas. Di sini, aspirasi kecantikan Anda menjadi prioritas utama kami.